TOP

4 Mercusuar Paling Berhantu di Amerika

Mercusuar terlihat begitu menawan sekaligus menakutkan secara bersamaan. Jika sudah menonton film The Lighthouse (2019) yang dibintangi Willem Dafoe dan Robert Pattinson, penonton akan menemukan kerasnya hidup sebagai penjaga mercusuar yang jauh dari komunitas, belum lagi menemukan berbagai kejanggalan selama bertugas.

Eksistensi mercusuar berperang penting dalam memandu kapal-kapal yang melintas, tapi ada banyak kisah sejarah dan mistis di balik keberadaannya. Inilah empat mercusuar bersejarah juga berhantu di Negeri Paman Sam.

  • Mercusuar St. Augustine, Florida

Tampilan eksterior mercusuar ini begitu unik, lengkap dengan sejarah panjang dan menjadikannya sebagai atraksi menarik yang sering dikunjungi turis. Dibangun pada 1874, Mercusuar St. Augustine mengawali kisah suram saat penjaga mercusuar pertama, Andreu, terjatuh dan tewas saat mengecat bangunan ini.

Dekat mercusuar juga pernah terjadi insiden saat sekelompok gadis kecil menjadi korban saat bermain di jalur trem. Semenjak kejadian ini, banyak pengunjung mengaku melihat sosok gadis, bahkan ada yang diikuti atau mencium asap cerutu selagi mengunjungi Mercusuar St. Augustine.

  • Heceta Head Lighthouse,¬†Oregon

Mercusuar Heceta Head adalah bangunan luar biasa yang terletak 200 kaki di atas permukaan air. Dibangun pada 1894, kontras dengan banyak bangunan serupa, mercusuar ini konon dihantui makhluk gaib yang ramah, yang disebut Grey Lady atau Rue.

Makam seorang anak ditemukan dekat mercusuar dan banyak yang percaya bahwa Rue adalah ibu anak tersebut. Orang-orang pun berasumi bahwa Grey Lady sering berkeliaran di sekitar mercusuar. Beberapa cerita yang beredar bahwa Grey Lady sering menggaruk atau mengetuk dinding.

  • Mercusuar St. Simons, Georgia

Kembali ke era Perang Saudara, mercusuar yang kini dikenal sebagai Mercusuar St. Simons sebenarnya adalah mercusuar kedua yang berada di lokasi sama. Mercusuar asli dibakar agar tidak jatuh ke tangan tentara Union dan tidak dibangun kembali sampai tahun 1874.

Namun, sekitar 1880, penjaga mercusuar, Frederick Osborne, bertengkar dengan John Stevens, asistennya. Stevens akhirnya membunuh Osborne yang diklaim sebagai upaya mempertahankan diri dan menjadi penjaga mercusuar baru. Setelah kejadian ini, banyak yang merasakan keberadaan sosok lain yang tidak terlihat. Konon, sering terdengar suara langkah kaki yang berjalan mengitari mercusuar.

  • Mercusuar Point Lookout, Maryland

Point Lookout bisa dibilang mercusuar paling berhantu di Amerika Serikat. Dibangun pada 1830 dan pertama kali berfungsi sebagai rumah sakit dan kamp penjara selama Perang Saudara, tentu saja memberi kesan mengerikan untuk memulai perannya sebagai menara pengawas di tepi laut.

Disebutkan bahwa di mercusuar ini sering terdengar suara dan penampakan hantu dari segala usia. Ruang bawah tanah terkenal paling menyeramkan karena banyaknya aktivitas mistis terjadi di sini. Saat ini Mercusuar Point Lookout beralih fungsi sebagai museum.