TOP

Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Dibuka di Portugal

Ada destinasi baru yang bisa ditambahkan dalam bucket list, khususnya untuk wisatawan yang berjiwa petualang. Jembatan 516 Arouca namanya. Lokasinya di Arouca, distrik Aveiro, Portugal. Sepanjang 516 meter, jembatan ini menghubungkan lereng curam Aguieiras Waterfall dengan Paiva Gorge, dua dari 41 geosites di Arouca UNESCO Global Geopark.

 

Setelah dibuka, jembatan tersebut langsung memecahkan rekor sebagai jembatan gantung terpanjang di dunia. Rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh Charles Kuonen Suspension Bridge di Swiss.

 

Didesain oleh Itecons dan dibangun oleh Conduril – Engenharia, SA, jembatan ini didukung oleh dua menara beton berbentuk V. Desainnya menggabungkan elemen jembatan bergaya Tibet, sementara lantai dan pagar sampingnya terbuat dari kisi logam.

 

 

Melalui celah-celahnya, pengunjung dapat melihat pemandangan alam di sekelilingnya. Karena terbuat dari logam jugalah jembatan ini tak mudah goyah karena terpaan angin, sehingga lebih aman untuk pengunjung. 

 

Pembangunannya sudah dimulai sejak 2017, tetapi ditunda karena lokasi jembatan perlu diubah akibat masalah geologi. Jembatan tersebut baru selesai Juli lalu, dan kini dibuka untuk umum. Pengunjung anak diperbolehkan melintas, asalkan usianya di atas enam tahun.

 

 

Jembatan ini diharapkan dapat menarik pencinta alam maupun penyuka pengalaman ekstrem. Selagi menyeberang, pengunjung dapat melihat keindahan Aguieiras Waterfall, Paiva Gorge, dan Paiva Walkways.

 

Biaya sekali menyeberang 12 euro untuk dewasa dan 10 euro untuk pelajar, anak-anak, dan manula. Informasi lebih lanjut tersedia di situs resminya.