TOP

Luncurkan SingapoReimagine, STB Hidupkan Kembali Impian Perjalanan ke Singapura

Singapore Tourism Board (STB) meluncurkan inisiatif SingapoReimagine di Indonesia hari ini, Kamis (8/4), untuk menghidupkan kembali impian perjalanan wisawatan ke Singapura. Kolaborasi karya mural terpisah dengan satu makna yang dilakukan di Singapura dan Indonesia menjadi awal dari inisiatif ini. 

 

Lokasi mural itu sendiri ada di M Bloc Space, Jakarta Selatan. Bertajuk “Under the Same Sun”, karya tersebut merupakan gagasan seniman Stereoflow  dari Indonesia dan ZERO dari Singapura yang terpisah secara geografis, namun digambarkan  bermimpi di bawah matahari yang sama. 

 

ZERO menampilkan gapura dalam karya seninya, sementara Stereoflow memilih Marina Bay dan Gardens by the Bay sebagai bagian dari ikon yang memiliki arti lebih bagi keduanya. Mereka  memproyeksikan harapan untuk masa depan perjalanan melintasi perbatasan melalui landmark yang dapat dikenali.

 

Karya mural ini merupakan bagian dari proyek Hall of Fame2 di Kampong Gelam, Singapura. Tersebar di Bali Lane dan Ophir Road, proyek ini menampilkan 17 mural, termasuk karya seni ZERO untuk menambah warna dan karakter pada semangat Kampong Gelam.

 

 

Dengan adanya lukisan mural yang dilakukan  Stereoflow di M Bloc Jakarta, diharapkan masyarakat Indonesia dapat membayangkan berwisata kembali ke Singapura dan mengunjungi setengah lukisan mural lainnya yang dilakukan ZERO di  Bali Lane, Kampong Gelam, pada saat yang tepat.

 

“Seni mural merupakan media bagi kami untuk menyampaikan pesan-pesan yang kuat dan  bermakna tentang kemanusiaan dan gagasan. Kami ingin orang-orang mulai bebas membayangkan tentang rencana perjalanan mereka dan menghidupkan kembali impian mereka  untuk bepergian,” kata Stereoflow, yang memiliki nama asli Adi Dharma.

 

Masyarakat Indonesia juga dapat memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) untuk menikmati karya mural tersebut, atau sekadar berfoto dengan latar mural yang berwarna-warni. 

 

“Sebelum pandemi, orang Indonesia senang berfoto dengan seni mural di Singapura untuk mengingat liburan mereka serta membagikannya di media sosial. Penggunaan Augmented Reality (AR) dalam aktivasi mural di M Bloc space Jakarta ini juga akan semakin meningkatkan pengalaman dan imajinasi  pengunjung,” kata Mohamed Firhan Abdul Salam, Area Director STB Indonesia.