TOP

Mulai Mei, Wisatawan yang Terbang ke Singapura Bisa Gunakan Travel Pass IATA

Wisatawan yang bepergian ke Singapura dengan naik pesawat dapat menggunakan travel pass IATA mulai 1 Mei 2021, sebagai bagian dari kolaborasi berkelanjutan antara Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) dan IATA.

 

Lewat travel pass tersebut, penumpang dapat membagikan hasil tes PCR mereka dengan pihak maskapai saat check-in maupun setibanya di pos pemeriksaan imigrasi di Bandara Changi.

 

Bulan lalu, Singapore Airlines telah menguji coba travel pass IATA untuk penumpang yang bepergian dari Singapura ke London antara 15 Maret dan 28 Maret. Pihak maskapai mengatakan bahwa aplikasi tersebut diterima baik oleh pelanggan mereka, dan mereka menyatakan keterbukaannya untuk menggunakan aplikasi tersebut untuk perjalanan internasional di masa depan.

 

 

Setelah kesuksesan uji coba tersebut, CAAS dan IATA mengatakan pihak otoritas pengawasan perbatasan dan kesehatan Singapura akan menerima travel pass sebagai bentuk verifikasi kesehatan digital yang valid untuk masuk ke negara itu.

 

“Informasi pada travel pass IATA bakal disajikan dalam format yang disesuaikan untuk kebutuhan masuk ke Singapura,” kata pihak IATA, yang rencananya akan meningkatkan sejumlah fitur pada travel pass tersebut.

 

Hal ini berarti pihak imigrasi dapat memindai kode QR pada aplikasi tersebut untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan dari penumpangnya, termasuk sertifikat vaksin digital.

 

Travel pass IATA rencananya bakal tersedia untuk diunduh mulai paruh kedua bulan April, dan saat ini sedang diujicobakan oleh lebih dari 20 maskapai, termasuk Singapore Airlines.

 

Safe Travel Concierge di Bandara Changi

 

Selain dimudahkan dengan kehadiran travel pass, wisatawan yang berencana ke Singapura juga akan dimanjakan dengan layanan terbaru dari Bandara Changi, yakni Safe Travel Concierge (STC).

 

Layanan ini memungkinkan penumpang untuk memesan tes PCR sebelum kedatangan dan memeriksa apakah mereka sudah melengkapi semua persyaratan pra-perjalanan untuk masuk ke Singapura.

 

“Ketimbang menggunakan situs yang berbeda-beda untuk mengajukan dokumen pra-perjalanan mereka, penumpang dapat dengan mudah mengakses informasi dan formulir melalui STC,” kata pihak Changi Airport Group.

 

 

Penumpang dapat dengan mudah menambahkan perjalanan mereka yang akan datang setelah mendaftar untuk akun STC. Tergantung profil dan detail perjalanan mereka, mereka akan diperlihatkan daftar persyaratan pra-perjalanan yang harus diselesaikan sebelum terbang ke Singapura.

 

Selain memesan tes PCR pada saat kedatangan, mereka juga dapat mengakses layanan lain, seperti kartu kedatangan elektronik dan formulir pernyataan kesehatan.

 

Pendaftaran untuk akun STC ini gratis, dan penumpang dapat langsung mengaksesnya melalui safetravel.changiairport.com.