TOP

Singapore Airlines Gunakan Travel Pass IATA untuk Penerbangan ke London Heathrow

Singapore Airlines (SIA) akan menjadi maskapai penerbangan pertama di dunia yang menggunakan Travel Pass IATA untuk verifikasi kesehatan digital. Layanan ini bisa mulai digunakan oleh penumpang yang bepergian dari Singapura ke London antara 15 hingga 28 Maret 2021.

 

Penumpang dengan smartphone yang menjalankan sistem operasi iOS Apple akan diundang untuk mengunduh aplikasi Travel Pass IATA, kemudian membuat ID digital yang terdiri dari foto profil dan informasi paspor mereka. Mereka juga dapat memasukkan informasi penerbangan mereka ke dalam aplikasi.

 

Selanjutnya, penumpang dapat memesan tes Covid-19 sebelum keberangkatan di salah satu dari tujuh klinik yang berpartisipasi di Singapura melalui portal online khusus. Mereka dapat mendaftarkan diri di klinik tersebut menggunakan ID digital dan informasi penerbangan di aplikasi. Tak hanya itu, mereka juga dapat melihat langsung hasil tes maupun status konfirmasi untuk terbang dari aplikasi. 

 

Saat check-in di Bandara Changi, penumpang harus menunjukkan status konfirmasi di aplikasi tersebut kepada petugas. Sejalan dengan persyaratan saat ini, mereka juga perlu membawa salinan fisik sertifikat kesehatan yang telah dikeluarkan oleh klinik tempat mereka menjalani tes Covid-19.

 

 

“Uji coba di tahap pertama ini akan mendukung upaya SIA untuk menetapkan standar yang aman dan nyaman dalam hal verifikasi hasil uji Covid-19 sekaligus status kesehatan penumpang di masa mendatang,” kata JoAnn Tan, Acting Senior Vice President Marketing Planning, Singapore Airlines. 

 

Ia juga berharap di uji coba tahap selanjutnya, proses verifikasi digital tersebut dapat lebih disederhanakan dengan diintegrasikan ke dalam aplikasi seluler SIA. “Dengan demikian, hal ini dapat menjadi solusi digital yang tidak merepotkan bagi pelanggan kami di era normal baru, selain membantu menghadirkan perjalanan yang lebih nyaman,” tambahnya. 

 

Sebelumnya, pada Januari 2021, SIA bekerja sama dengan Collinson untuk menghadirkan solusi online satu atap untuk pengujian pra-keberangkatan Covid-19 bagi penumpang. Dengan layanan tersebut, penumpang SIA dapat mendaftarkan diri untuk tes Covid-19 lewat portal pemesanan online setelah memesan penerbangan mereka. 

 

Saat ini, layanan tersebut tersedia untuk penumpang Singapore Airlines dan SilkAir yang berangkat dari Singapura, Jakarta, dan Medan. Ke depannya, layanan ini akan diperluas ke lebih banyak kota di jaringan SIA dan SilkAir jika uji coba berhasil.