TOP

TSA Umumkan Aturan Baru, Wajib Tahu Sebelum Terbang

Perjalanan internasional saat ini memang masih dibatasi. Namun, masih ada saja penumpang yang terpaksa melakukan perjalanan penting di masa pandemi seperti ini.

 

Bila Anda termasuk di antaranya yang harus terbang ke luar negeri dalam waktu dekat, berikut aturan TSA terbaru yang perlu diketahui agar perjalanan tetap aman.

 

1. Datang lebih awal

 

Datanglah lebih awal dari biasanya sehingga ada cukup waktu untuk check-in dan memasukkan bagasi, melewati pemeriksaan keamanan bandara, serta memasuki gate keberangkatan.

 

2. Terapkan jaga jarak fisik

 

Pastikan menjaga jarak setidaknya dua meter jauhnya, baik dengan penumpang lain ataupun petugas bandara. Biasanya saat mengantre, ada pengumuman untuk menjaga jarak berikut penandanya di lantai.

 

 

3. Tidak perlu memberikan boarding pass

 

Untuk menghindari potensi kontaminasi silang, Anda tidak lagi diharuskan memberikan boarding pass kepada petugas secara langsung. Sebagai gantinya, taruh boarding pass Anda pada pemindai yang ada dan pegang di depan petugas untuk diperiksa.

 

4. Kenakan masker

 

Selama perjalanan, baik di bandara maupun di dalam pesawat, seluruh penumpang diwajibkan mengenakan masker. Beberapa maskapai bahkan ada yang meminta penumpang mengenakan face shield untuk proteksi tambahan.

 

Anda kemungkinan diminta untuk melepaskannya saat petugas ingin mengecek identitas Anda. Setelah itu, cuci tangan dengan hand sanitizer sebelum mengenakan kembali masker Anda.

 

 

5. Jangan bepergian bila tidak dalam kondisi sehat

 

Pihak bandara atau maskapai bisa saja mengecek suhu tubuh penumpang di pintu keberangkatan. Bila lebih dari 38 derajat Celsius, penumpang akan diarahkan petugas ke ruang isolasi khusus untuk diperiksa atau bahkan dibawa ke rumah sakit untuk dicek lebih lanjut.

 

6. Kemas sabuk, kunci, dan barang kecil lainnya

 

Penumpang disarankan untuk memasukkan barang-barang seperti sabuk, kunci, dompet, dan smartphone ke dalam tas sebelum melewati pemeriksaan keamanan. Meskipun barang-barang ini biasanya dimasukkan ke dalam keranjang, prosedur baru ini membantu mengurangi titik kontak selama proses pemeriksaan.

 

7. Cek ulang barang yang dimasukkan ke dalam tas jinjing

 

Penumpang diminta untuk lebih berhati-hati saat mengemas barang-barang mereka, agar petugas tidak perlu menyentuh barang-barang pribadi penumpang dan dapat tetap menerapkan jaga jarak fisik.  

 

 

Pastikan semua cairan tidak lebih dari 100 ml. Khusus hand sanitizer, satu penumpang diperbolehkan membawa satu botol hand sanitizer berukuran maksimal 340 ml. Namun hand sanitizer ini wajib dikeluarkan dari tas jinjing sebelum melewati sinar-X untuk pemindaian.

 

Jika ada barang terlarang di tas, kemungkinan besar Anda akan diminta untuk kembali ke luar area keamanan untuk mengeluarkan barang tersebut dan mengantre kembali untuk pemeriksaan keamanan, daripada meminta petugas menggeledah barang bawaan Anda.

 

8. Cuci tangan secara berkala

 

Salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko membawa virus corona adalah dengan rutin mencuci tangan. TSA menyarankan untuk membersihkan tangan secara menyeluruh sebelum dan sesudah melalui proses pemeriksaan keamanan.