TOP

Ulaanbaatar Segera Buka Bandara Internasional Terbarunya

Ulaanbaatar akan segera membuka bandara internasionalnya yang baru, Chinggis Khaan International Airport, mulai Minggu, 4 Juli 2021.

 

Bandara ini akan dioperasikan oleh Mitsubishi Corporation (MC), Narita International Airport Corporation (NAA), Japan Airport Terminal Co., Ltd. (JAT), dan JALUX Inc. (JALUX), bersama dengan pemerintah Mongolia.

 

Berdasarkan ketentuan perjanjian konsesi dengan pemerintah, New Ulaanbaatar International Airport LLC (NUBIA) akan bertanggung jawab atas operasi bandara selama 15 tahun ke depan. Bandara baru ini semula dijadwalkan mulai beroperasi pada 2020, namun pembukaannya tertunda karena pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

 

Semua aset rencananya dipindahkan dari bandara lama, Buyant-Ukhaa International Airport, menjelang pembukaan bandara baru.

 

 

Meskipun pandemi telah secara signifikan mengurangi perjalanan udara di Mongolia, permintaan penerbangan diperkirakan akan meningkat dalam jangka menengah hingga panjang, terutama di Ulaanbaatar, ibu kota Mongolia sekaligus pusat kegiatan politik dan ekonomi di negara itu. Bandara baru ini akan memainkan peranan penting dalam industri transportasi di tahun-tahun yang akan datang. 

 

Untuk mengoperasikan bandara baru ini, NUBIA akan memanfaatkan keahlian gabungan dari empat pemegang sahamnya. MC memiliki rekam jejak yang kuat di bandara dan proyek infrastruktur lainnya di Jepang dan di seluruh dunia, sementara NAA dan JAT masing-masing mengoperasikan Narita International Airport dan gedung terminal penumpang di Haneda Airport. JALUX bergerak dalam bisnis ritel bandara dan juga memiliki pengalaman mengelola bandara di luar negeri.

 

Selain memprioritaskan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang, NUBIA berencana untuk memanfaatkan bandara baru demi meningkatkan jumlah rute dan penerbangan yang melayani Ulaanbaatar dengan mengembangkan fasilitas komersial dalam terminal, serta meningkatkan layanan yang tersedia di bandara baru.